http://www.hots.web.id/



Kata informasi berasal dari kata Perancis kuno informacion yang diambil dari bahasa Latin informationem yang berarti “garis besar, konsep, ide”. Informasi merupakan kata benda dari informare yang berarti aktivitas dalam “pengetahuan yang dikomunikasikan”

Gordon  B.  Davis (dalam Nur Luthfi Azis, 2012:2) tentang informasi bahwa:
Informasi adalah  data  yang  telah  diolah  menjadi  suatu bentuk  yang  penting  bagi  penerima  dan mempunyai  nilai  yang  nyata  atau  yang dirasakan  dalam  keputusan-keputusan sekarang dan yang akan datang.

Menurut Witarto (dalam Taufik 2012:2) informasi  adalah  “rangkain  data  yang mempunyai  sifat sementara,  tergantung dengan waktu, mampu memberi kejutan atau surprise pada  yang menerimanya”

Menurut Jogiyanto HM., (1999: 692) menyatakan bahwa:
Informasi dapat didefinisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian – kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan

Jadi  dapat dikatakan bahwa informasi adalah produk dari pengolahan data Informasi. Informasi memiliki  arti  yang  lebih  penting  dan lebih berarti sebagai bahan baku dari informasi yang  berasal dari  gambaran  kejadian  yang berwujud karakter, angka atau simbol tertentu yang  memiliki  arti. Informasi  bisa  terdiri  dari data,  gambar,  naskah,  dokumen  dan  suara yang berhubungan.

Ciri-ciri informasi yang berkualitas menurut Raymond Mc. Leod adalah:

1.    Akurat, informasi harus mencerminkan keadaan yang sebenarnya dan informasi tersebut harus bebas dari kesalahan-kesalahan.
2.    Tepat waktu, informasi itu harus tersedia / ada pada saat informasi tersebut diperlukan dan tidak terhambat.
3.    Relevan, informasi yang diberikan harus sesuai dengan yang dibutuhkan.
4.    Lengkap, informasi harus diberikan secara lengakap karena bila informasi yang dihasilkan 
sebagian-sebagian akan mempengaruhi dalam mengambil keputusan
5.    Correctness, berarti informasi yang dihasilkan atau dibutuhkan harus memiliki kebenaran.
6.    Security, berarti informasi yang dihasilkan mempunyai manfaat yang lebih besar dibandingkan dengan biaya mendapatkannya dan sebagian besar informasi tidak dapat ditaksir keuntungannya dan dengan satuan nilai uang tetapi dapat ditaksir nilai efektifitasannya.
Komentar

0 komentar:

Post a Comment

silahkan berikan komentar sobat dengan baik tanpa meninggalkan spam ya sobat..

 
Propeller Ads © 2019 - 2020. All Rights Reserved.
Atas