http://riyanfirdaus.blogspot.com/2014/02/tips-aman-menggunakan-e-mail.html
Haii.. sobat Lorong Kata ini Tips Aman Menggunakan E-mail
Kejahatan juga bisa terjadi di dunia maya. kadang, modus operandi yang dilakukan untuk mengelabui sasaran malah lebih canggih daripada yang dilakukan di dunia nyata.
Walaupun tidak ada metode yang paling jitu untuk menangkal kejahatan maya, tidak ada salahnya melakukan beberapa tindakan pengamanan untuk mengurangi risiko yang mungkin terjadi.
  Berikut ini adalah cara yang dapat sobat lakukan agar kita dapat menggunakan email dengan aman.
Saat membuat password untuk email, gunakan sebanyak mungkin kombinasi, misalnya angka, huruf, dan karakter. jangan menggunakan data pribadi (misalnya tanggal lahir) atau istilah tertentu walaupun hal tersebut memudhkan kita untuk mengingatnya.
Walaupun terkadang merepotkan karena harus banyak mengingat, jangan menggunakan password yang sama untuk login di beberapa layanan. Ubahlah password yang sudah ada dalam periode tertentu.
Jangan terlalu mudah memberikan alamat email kepada pihak lain yang belum dikenal. jika ingin berlangganan sesuatu (misalnya newsletter) atau mengisi form pengisian alamat email, gunakan email yang lain. jika hanya memiliki 1 alamat email, buat email gratisan semacam Gmail atau Yahoo! untuk menampung email dari pihak yang belum dikenal.
Jika hanya ingin sekilas mendapat informasi, gunakan layanan email sekali pakai yang hanya akan digunakan untuk menampung kiriman email dari pihak lain saat itu. Kita bisa mencoba mailinator.com yang memungkinkan kita membuat username tanpa harus melakukan registrasi, dan mengguakan username tersebut sebagai tempat pengiriman.
Jangan tuliskan alamat email di blog atau halaman web. Jika memang ingin agar orang lain mengetahui alamat email tersebut, tuliskan dengan cara agar "robot"pencari alamat email semacam spambot tidak bisa mengidentifikasinya. Misalnya, jika email kita adalah Torascool@savy.com, gunakan cara penulisan Torascool(at)savy(dot)com.
Jika menerima email yang tidak dikenal dan berpotensi memenuhi Inbox, beri tanda email tersebut sebagai spam agar di lain waktu tidak masuk ke dalam inbox.
Jangan pernah membalas (reply) email spam.
Abaikan surat berantai. jika kita menerima email yang berisi ajakan untuk meneruskan email tersebut ke teman lain, abaikan saja, karena jika diteruskan, email kita juga akan ikut menyebar kemana-mana.
Jika penasaran melihat lampiran email dari orang yang tidak dikenal, jangan langsung membukanya. Simpa dulu di hard disk, kemudian scan file tersebut dengan antivirus.
Sebisa mungkin, jangan langsung membuka file yang dilampirkan dalam format berikut:ADP (microsoft access project), BAS (visual basic class module), BAT (batch file), CHMV(compiled html help file), CMD (windows nt command script), COM (MS-DOS application), CPL (control panel extension), CRT (security certificate), DLL (dynamic link library).
Berhati-hati saat ingin berhenti berlangganan sebuah produk jika diinta memasukkan alamat email untuk me-remove atau unsubcribe. Bisa jadi, 1 layanan berhenti namun layanan lain akan datang bergiliran.
Ubah format email menjadi teks. Email dalam format HTML lebih mudah diboncengi spam dan virus. jika ingin aman, pilih format teks meski tampilannya terlihat kurang nyaman.
Jika email pribadi atau email dengan alamat perusahaan ingin tetap digunakan untuk menerima email dari luar tanpa diketahui publik, buat email gratisan di yahoo atau GMail dan aktifkan fitur spam. Jika kita sudah memastikan email yang masuk bukan spam, forward email tersebut ke alamat email pribadi atau perusahaan. Misalnya kita membuat email gratisan dengan alamat mail@gmail.com. Jika sudah yakin tidak ada spam dalam inbox, forward email tersebut ke email pribadi atau perusahaan.
Jika kita sering menggunakan warnet atau komputer yang bisa diakses oleh orang lain, berhati-hatilah saat memasukkan data pribadi (misalnya saat login dan memasukkan password), karena sangat mungkin dalam komputer tersebut terdapat key logger yang bisa merekam apa yang kita ketik melalui keyboard. Untuk menghindari key logger, gunakan on screen keyboard yang bisa yang bisa diakses melaui Start > Accessories > accessibility > On-Screen Keyboard.
Instal aplikasi antivirus, anti spyware, dan firewall.

Semoga bermanfaat..
Komentar
 
Propeller Ads © 2019 - 2020. All Rights Reserved.
Atas